Rabu, 19 April 2017

Pertanyaan Seputar Teknologi Komputer



Reverens : Helda Damayanti

1.   Mengapa speaker laptop tiba-tiba volumenya mengecil sendiri?
2.   Dibagian komponen apa yang menyebabkan monitor laptop berkedip-kedip?
3.   Kenapa keyboard laptop sering macet?
4.   Bagaimana cara mengatasi komputer yang shut down sendiri?
5.   Bagaimana cara memunculkan fungsi sleep pada laptop?
6.   Apa yang menyebabkan tempat DVD cepat rusak?
7.   Apa yang menyebabkan VGA cepat rusak?
8.   Bagaimana cara mengatasi laptop restart sendiri?
9.   Mengapa laptop tidak bisa membaca perangkat eksternal, seperti flashdisk?
10. Bagaimana cara menghidupkan kembali startup windows?
11. Bagaimana cara mengatasi tempat DVD yang tidak berfungsi?
12. Bagaimana cara mengatasi not responding yang terlalu sering terjadi?
13. Bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas?
14. Apakah terjadi kerusakan, apabila laptop terlalu lama dipakai mengeluarkan suaraberisik?
15. Mengapa laptop tidak bisa menampilkan pada saat dipasang dengan proyektor?
16. Apakah semua motherboard laptop sama?
17. Apakah benar, jika laptop dimainkan di atas kasur akan cepat rusak? Mengapa demikian?
18. Di manakah letak kerusakan pada laptop yang mengakibatkan kursor bergerak sendiri?
19. Bagaimana cara mengatasi garis-garis yang muncul pada monitor laptop?
20. Bagaimana cara memperbaiki tombol power pada laptop yang sering tidak berfungsi?  
 



Jawaban

1.  Penyebabnya ada 3 : a. Kesalahan pemasangan kabel: Pastikan pengaturan suara pada laptop dan speaker volumenya sudah dinaikan karena biasanya orang lupa mengatur volume.
Pastikan kabel speaker atau headphone kamu terpasang dengan benar karena koneksi rusak dapat menyebabkan masalah suara laptop hilang. Untuk itu periksa kabel output audio jack sudah apakah sudah tepat pemasanganya. b. Driver sound Windows error: Cek driver sound dengan cara run windows troubleshooting program, karena jika audio bermasalahnya disini maka untuk mengatasinya tidak akan memakan waktu lama. Untuk membuka windows sound troubleshooter dengan cara Control Panel > All Control Panel Items > Troubleshooting. Setelah klik Troubleshoot audio playback nanti akan muncul jendela palying audio kemudian klik Next dan nanti akan otomotatis apa yang error, ikuti instruksi pada layar laptop/ komputer . c. Ada masalah pada Windows: Ada kemungkinan windows kamu corrupted sehingga tidak dapat diupdate secara manual, untuk masalah ini ada dua hal yang dapat dilakukan. Restore windows ke pengaturan awal dengan restore sistem.
Install ulang windows dan install driver audio terbaru.
2. Pada saat laptop dinyalakan, layar LCD berkedip –kedip dalam menampilkan gambar ( kadang gambar tampak terang, kadang gelap gulita ) LCD semakin berkedip jika layar di gerakkan.
 Cek : Permasalahan pada kasus gambar menjadi gelap ( light – off ) pada LCD dapat di sebabkan oleh beberapa hal :
-Masalah pada kabel flexibel
-Masalah pada kabel inverter
-Masalah pada modul inveter
-Masalah pada neon LCD
3. Masalah ini dapat disebabkan karena:
- Ada cairan tumpah di keyboard.
- Debu yang berlebihan di dalam tombol karena jarang dibersihkan.
- Keseringan bermain game menggunakan tombol tertentu.
- Pelumas karet tombol sudah mengering.
4. CPU terlalu panas, cara mengatasinya maka yang wajib anda lakukan adalah mengurangi beban kerja komputer anda ketika sudah mencapai suhu yang tinggi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara menutup aplikasi yang dapat memberatkan kerja dari komputer anda.
Cara kedua adalah anda dapat menggunakan kipas atau fan extra untuk membantu mengoptimalkan proses pendinginan pada sistem komputer anda. Anda dapat menggunakan notebook cooler, ataupun memberikan tambahan kipas di dalam komputer, apabila anda memiliki sebuah PC.
5. Untuk langkah pertama Anda bisa setup dulu timer untuk komputer agar bisa atau tidak Sleep, Berikut panduaanya
  • Klik Start menu, kemudian ketik power options, Klik atau tekan enter pada icon power options yang muncul.
Cara Pengaturan Timer Sleep Otomatis
  • Klik Change plan settings pada Power Plan Balanced (jika tidak menggunakan Power saver atau High perfomance). Power plan jenis Balanced lebih di rekomendasikan oleh Windows, karena plan ini bersifat otomatis pada jumlah energi yang di konsumsi untuk hardware dan keperluan engine lainnya. Boleh di bilang tidak terlalu hemat dan juga tidak terlalu boros pada energi.
Cara Pengaturan Timer Sleep Otomatis
  • Pilih waktu (Menit atau Jam) yang disediakan untuk komputer melakukan Sleep pada On baterry (Laptop pada keadaan tidak terpasang Charger) dan Plugged in (Laptop pada keadaan sedang terpasang Charger) pada pilihan Put the computer to sleep. Pada Schedule ini juga terdapat pilihan Never yang berfungsi untuk menonaktifkan Sleep.
  • Disini Anda juga bisa melakukan pengaturan waktu untuk cahaya background monitor meredup (Dim the display) dan pengaturan waktu display monitor mati (Turn off the display).
Cara Pengaturan Timer Sleep Otomatis
  • Klik Save changes jika Anda sudah memastikan pengaturan/setting.
Cara Pengaturan Timer Sleep Otomatis

 ___________________________________________________________________ 
Kemudian untuk cara kedua, lakukan Setup untuk pengaturan Hybrid sleep, Hibernate, Metode On, dan Pilihan atau Cara alternatif jika kondisi Baterai pada Laptop sudah lemah:
  • Pertama: Klik Change advanced power settings pada window Edit Plan Settings.
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
  • Sekarang cari menu Sleep pada Window Advanced setting, jika sudah ketemu, Klik tombol menu hirarki Sleep atau Anda bisa langsung melakukan Double-Klick untuk membuka sub menu yang terkait dengan Sleep.
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
  • Klik tombol menu hirarki, atau lakukan double klick pada Sleep after jika Anda ingin melakukan setting ulang waktu untuk  timer Sleep.
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
  • Klik menu hirarki Allow hybrid sleep, kemudian pilih ON pada menu drop down untuk mengaktifkan timer dari Sleep ke Hibernate yang memungkinkan komputer berstatus Hibernate setelah beberapa saat kemudian setelah kondisi Sleep. 
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
  • Klik menu hirarki Hibernate after, kemudian atur waktu untuk setting/pengaturan timer dari status Sleep ke kondisi Hibernate. Perlu Anda ketahui bahwa timer Hibernate after tidak akan aktif untuk berjalan secara otomatis jika pengaturan untuk Allow hybrid sleep Anda pilih Off.
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
  • Klik menu hirarki Allow wake timers untuk mengaktifkan metode On. Pada kondisi Sleep atau Hibernate, kebanyakan komputer dapat On kembali dengan menekan tombol power komputer. Namun, tidak semua komputer sama. Anda mungkin bisa membangunkan komputer Anda dengan menekan sembarang tombol pada keyboard, mengklik tombol mouse, atau membuka tutup pada laptop. jadi, jika Anda memilih Enable artinya Anda juga dapat membangunkan komputer dari jarak jauh melalui jaringan, atau bisa juga disebut Remote Wake-up atau Wake on LAN. Akan tetapi jika komputer Anda tidak terhubung dengan jaringan, alangkah baiknya jika Anda memilih Disable pada Allow wake timers. 
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis
  • Klik menu hirarki utama Battery, kemudian klik menu hirarki Low Battery action untuk menetapkan pilihan alternatif jika kondisi Baterai pada Laptop Anda sudah lemah dan Anda tidak punya waktu lagi untuk melakukan pengisian ulang Baterai. Pada menu drop down terdapat pilihan Do nothing, Sleep, Hibernate, dan Shut down. Untuk pilihan terbaik, saya sarankan, sebaiknya Anda memilih Hibernate.
Cara Pengaturan Timer Sleep, Hibernate dan Hybrid sleep Otomatis 

6.  -PSU kurang memberi daya kepada motor DVDROOM/DVDRW sehingga motor bekerja "extra keras" dan pastinya umurnya jadi pendek.  
-Kurang daya juga menyebabkan proses burning menjadi tidak stabil. Karena itu gunakan PSU yang pure dan berkualitas. Gak cuma mainboard/prosesor/hardisk/RAM yang makan listrik. DVDROM/DVDRW jg makan listrik  
-Sering dipakai untuk menonton film baik itu DVD original maupun bajakan karena optic bekerja terus menerus selama kita nonton (ini trouble umum pengguna CDROM/CDRW/DVDROOM/DVDRW). Bayangin aja buat burning yg cm 15menit aja si motor/optic DVDROM jadi panas, apalagi buat nonton film 1jam 30menit. Pastinya cepet koit si optic atau motornya  
-Sering dipakai burning CD/DVD, biasanya ada batas maksimum berapa keping CD/DVD yang mampu di burn oleh mesin DVDRW.  
-Suhu kamar lembab sehingga ada kemungkinan korslet atau optic berjamur.  
-Seringkali buka DVDROOM/DVDRW tapi lupa nutup sampai pagi sehingga debu masuk dan menutup optic.  
-Kurang dirawat / jarang dibersihkan DVDROOM-nya. Minimal cek kalau pas buka DVDROOM dan bersihkan jika memang ada debu.  
-Kabel SATA atau power tidak tertancap dengan baik atau kendor. Bisa menimbulkan korsleting atau kurang daya ketika baca data dari keping CD/DVD.  
-DVDROOM sering dipaksa membaca keping CD/DVD yang sudah baret/berjamur/bernoda dimakan usia.
7. Gejala VGA yang rusak adalah di layar akan tampak bintik-bintik, garis horizontal, kotak-kotak berwarna, huruf yang ngacak dan kalo udah parah banget tuh layar blank alias gak ada gambarnya dan kadang muncul blue screen. Penyebabnya bisa dari VGA cardnya kotor oleh debu sehingga menimbulkan panas, atau bisa juga dari tegangan yang masuk kurang, sehingga kinerja mobo anda tidak maksimal, computer sering restart dan mengakibatkan kerusakan pada VGA card. Kurangnya tegangan voltase listrik bisa dari PLN atau bisa juga dari PSU ( Power Suplay Unit ) yang rusak.
8. Cara mengatasi komputer restart sendiri karena Procesor kepanasan (overheat) dapat anda coba tips berikut ini:
-Bersihkan secara rutin atau berkala casing CPU dan cooler processor komputer anda dengan mengunakan kuas cat yang bersih. Lakukan hal ini di ruangan terbuka agar kotoran dan debu-debu tidak mengganggu anda. 
-Ganti thermal paste yang sudah kering dengan yang baru, karena thermal paste ini bisa digunakan sebagai perekat bagian prosessor dan cooler/pendingin. 
-Tempatkan komputer diruangan yang tidak terlalu panas, jika tidak ada tempat yang sesuai dan anda harus terpaksa menaruh komputer ditempat yang panas, maka anda wajib memasang kipas angin pada CPU.
9.  ada 3 kemungkinan jika PC/Laptop nya tidak bisa membaca flashdisk, 1. Karena Virus, 2. Hardware rusak, 3.Sengaja di blok lewat registry.
10. Cara yang pertama ini memungkin semu user akun untuk mengaktifkan dan mematikan sound Startup Windows. Pertama-tama buka Sound settings, caranyaklik kanan pada icon Sound di Taskbar dan pilih Sound.
11. Buka device manager lalu cek apakah dibagian "DVD/CD-Rom drives" bertanda seru atau tidak, jika bertanda seru mungkin mengalami hal yang sama berarti kamu bisa mengikut tutorial ini


Pertama-tama Buka regedit
Caranya tekan Window + R dikeyboard atau klik Start > Run kemudian ketik "regedit"


Selanjutnya masuk ke HKEY-LOCAL-MACHINE > SYSTEM > Control > 4d36e965-e325-11ce-bfc1-08002be10318 > REG_MULTI_Z > kemudian hapus UpperFilters



Kemudian coba restart laptop anda, Finish
 
12.  -Memori yang disediakan di harddisk Anda penuh
-Program yang Anda buka terlalu banyak
-Terkena serangan virus sehingga menyebabkan memory Anda full
-Spesifikasi laptop Anda kurang bagus
13. Karena motherboard mengalami kerusakan pada lokasi sekitar IC chipshet dan juga IC power supply, sehingga dapat menyebabkan chipshet dan juga komponen menjadi panas. Untuk memastikannya, apakah memang benar kerusakan terjadi pada motherboard, titin harus membongkar laptop lalu memastikan bahwa semua komponen telah tersambung dengan sempurna dengan socketnya.
14.  Laptop memang sudah selayaknya untuk digunakan sehari-hari, mengerjakan pekerjaan kantor dan dilanjutkan lagi setelah pulang ke rumah untuk keperluan yang lainnya ataupun meneruskan pekerjaan kantor yang belum terselesaikan.
Tetapi pada sebagian orang, ternyata laptop tidak setiap hari digunakan. Ada yang digunakan sesaat setelah dibeli saja kemudian didiamkan saja dalam waktu yang lama. Ada juga yang menggunakan dalam kurun waktu tertentu saja kemudian didiamkan. Ada juga yang sengaja menyimpannya.
Ada satu hal yang unik disini, bagi orang-orang yang sengaja menyimpan laptop tersebut dalam kurun waktu yang lama biasanya didasarkan pada alasan supaya laptop lebih awet, jadi digunakan hanya saat benar-benar dibutuhkan saja selebihnya disimpan kembali.
Fakta yang ada dilapangan telah membuktikan bahwa menyimpan laptop dalam kurun waktu yang lama dan tidak digunakan justru membuat laptop itu sendiri malah cepat rusak. Suhu yang lembab adalah faktor penyebab kerusakan paling banyak.
15. Beberapa cara untuk menampilkan laptop ke LCD Proyektor, yang pastinya anda harus menghubungkan Laptop anda dengan LCD Proyektor dengan DATA Monitor. Setelah itu ada beberapa jenis Laptop yang langsung mendeteksi dan menampilkan melalui LCD Proyektor. Tapi ada juga yang harus harus di setting terlebih dahulu. Untuk jenis Settingannya adalah sebagai berikut :  
Untuk Lapotp Compaq : Tekan fn+F4 (tunggu beberapa detik karena LCD proyektor akan mencari perangkat). Ada beberapa mode jika fn+F4 (F4 ditekan 1x)  biasanya tampilan hanya di LCD Proyektor sedangkan di Lapotop akan Blank, jika fn+F4 (F4 di tekan 2x) maka akan muncul di Laptop dan LCD Proyektor. Nah ini cara yang pertama, cara kedua adalah…..
Setting Dekstop
-Masuk ke dekstop Laptop Anda 
-Klik kanan di Dekstop 
-Pilih Graphics Option>Output To>Intel(R) Dual Display Clone>Notebook + Monitor 
-Tunggu beberapad detik untuk LCD akan mencari perangkat dan akan muncul di Laptop dan LCD Proyektor. 
16. Berbeda sesuai dengan keinginan pemakai.
17. Berikut adalah bahaya-bahaya nya , simak dan perhatikan :
-Panas dari Laptop / Notebook tidak terbuang dengan sempurna yang mengakibatkan panas dari laptop tidak keluar keseluruhan dan panas terjebak mengendap didalam laptop yang akan merusak komponen komponen laptop.
-Mesin dari Laptop tersebut lama kelamaan akan semakin panas ( Overheat ) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware dari Laptop / Notebook itu sendiri.
-Lebih bijak dan tetap berhati-hatilah dalam menggunakan laptop anda kawan, dengan memperhatikan tata cara yang baik menggunakan laptop yakinlah laptop akan awet dan tidak mudah rusak.
18. Langkah-langkah dalam memperbaiki touchpad laptop yang error dengan menghapus driver mouse atau touchpad dari Device Manager tahapannya sebagai berikut :*.Masuk ke “control panel”=>”system”=>”device manager” atau pada shortcut “computer” klik kanan “properties”=>”device manager”.*.Kemudian cari “mice and other pointing device” => klik simbol (segitiga) di sampingnya kemudian klik kanan pada driver touchpad yang bernama “PS/2 Compatible mouse” =>”Uninstall (hapus driver)” Restart laptop anda. Pada saat windows 7 melakukan booting sekaligus akan menginstal driver touchpad yang baru dan touchpad kembali normal.
19. Monitor saat ini memiliki banyak sekali macam dan bentuk. Monitor yang paling laku dipasaran saat ini adalah monitor dengan layar datar LCD dan LED. Masalah pada layar monitor ini biasanya paling banyak adalah layar yang bergaris. Layar yang bergaris ini paling banyak ditemukan pada layar monitor PC atau laptop. Layar yang bergaris pada monitor ini bisa saja diakibatkan karena adanya kerusakan pada bagian dalam komponen dari monitor yang banyak terjadi ketika pertama membeli monitor. Pada pertama kali membeli sebuah monitor dan dilakukan tes, mungkin ada dead pixel kecil yang tidak terlihat dengan jelas. Nah dead pixel inilah yang terus membesar hingga menjadi garis pada layar monitor. Untuk itu sebaiknya Anda membaca artikel Saya sebelumnya tentang yang baik, sebagai referensi Anda untuk membeli sebuah monitor. Kejadian dead pixel ini juga bisa saja diakibatkan karena keseringan menekan layar monitor. Nah, untuk Anda para pengguna Windows, ada sebuah software khusus untuk mengecek dan sekaligus juga memperbaiki layar monitor PC atau laptop yang bergaris tersebut karena dead pixel. Nama dari software tersebut adalah PixelRepairer.
PixelRepairer ini berfungsi untuk mengecek keadaan monitor Anda dengan menggunakan beberapa cara rahasia yaitu dengan mencocokkan warna atau garis untuk mengetahui adanya dead pixel pada monitor Anda. Bagaimana cara menggunakan software ini? Silahkan simak langkah – langkah di bawah ini.
-Pertama – tama Anda harus mendownload terlebih dahulu software PixelRepairer, yang bisa Anda temukan melalui pencarian Google secara gratis. Setelah Anda berhasil mendownload softwar tersebut, Silahkan Anda extract dan jalankan file PixelRepairer.exe.
-Setelah software tersebut terinstal silahkan Anda pilih Pattern yang Anda gunakan, warna atau garis – garis.
-Kemudian setelah itu silahkan pilih Enable.
-Untuk mengecek perubaha pattern tadi, Bisa melihat langsung pada layar monitor Anda dengan memperhatikan perubahan yang terjadi pada pilihan pattern yang Anda pilih tadi
-Jika, Anda telah mengklik pada layar akan berubah ke pattern berikutnya. Jika tidak ada yang berbeda atau berubah maka layar Anda dalam kondisi baik. Tetapi jika ada kerusakan, maka akan terlihat dengan jelas dengan bantuan pattern tersebut.
-Untuk kembali tekan Esc pada keyboard Anda, lalu pilih Repair. Setelah itu pilih Add, Kemudian tempatkan pada dead pixel di monitor kamu.
-Tunggu hingga beberapa saat, atau bisa juga Anda minimize agar tidak mengganggu. 
20. Permasalahan semacam itu memang sering dialami laptop tersebut dan banyak orang yang menyangka bahwa permasalahan ada pada tombol switch on/off laptop sehingga terus ditekan sekuatnya hingga tombol switch jadi benar-benar rusak. Sebenarnya permasalahan bukanlah pada bagian tersebut melainkan pada bagian IC Power Start (ICPWST) yang bertugas untuk mengeksekusi tegangan setelah on dari switch. Maka ketika ICPWST tidak bekerja laptop jadi tidak merespons apa-apa dan seolah-olah yang bermasalah adalah switch on/off. Solusi dari permasalahan tersebut jika sudah sampai di titik tidak bisa sama sekali maka memang harus diperbaiki total untuk bagian-bagian yang berkaitan dengan beberapa area tersebut dan harus di periksakan lebih lanjut untuk memastikan bahwa bagian-bagian yang terkena imbasnya harus juga dinormalisasi agar tidak menimbukan masalah baru dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar